Perkiraan Perhitungan KWh listrik Prabayar Token PLN

Banyak orang yang bertanya-tanya tentang bagaimana cara menghitung KWh listrik prabayar yang akan didapat dari pembelian Voucher Listrik Prabayar/ Token PLN nominal tertentu. Berikut ini adalah Perkiraan Perhitungan KWh listrik Prabayar Token PLN :


Rp Token = Harga - Admin - PPJ
Rp/kWh = Rp Token dibagi dengan jml kWh = Tarif Dasar Listrik (TDL)

Diperoleh data :
R1/1300 - Rp/kWh nya berkisar Rp 790
R1/2200 - Rp/kWh nya berkisar Rp 795
R2/3500 s/d 5500 - Rp/kWh nya berkisar Rp 890

Dari beberapa data di atas terlihat bahwa ada hubungan erat Tarif/Daya masing2 rumah dengan jumlah KWh yang akan didapat. Ini sesuai dengan Tarif Dasar Listrik/ TDL Rumah Tangga 2010  ketentuan dari PLN

Murah Listrik Prabayar atau Pascabayar ?

93 comments:

Anonymous said...

tambah bingung jadinya

pulsa murah said...

klo di lihat,makin besar nominal pulsa yg kita beli,biaya admin+ ppjnya makin murah ya

Anonymous said...

siapa bilang dg berlangganan secara prabayar, biaya listrik lebih murah ? Justru sebaliknya !!! LEbih mahal !!!

圓達佛堂 said...

tergantung situasi kondisi, kalo pemakaian sedikit, pakai prabayar, lebih hemat, hemat biaya abonemen. utk gudang juga bagus, kalo ngga terpakai, pulsanya ngga berkurang

Iian said...

Terimakasih banyak infonya...

Anonymous said...

memang prabayar perhutungan harganya lbh mahal dr pascabayar....dan juga prabayar paling tidak 2 bulan sekali diisi...klo ga diisi akan dimatikan dari PLN terus dicabut instalasinya....btw perhitungan prabayr daya R1/900 berapa ya???

pulsa said...

klw di lihat dari tabel malah lebih mahal yach..pantesan banyak orang yg tidak mau ganti kwh nya.PLN y dah canggih sekarang sob .

Anonymous said...

memang jauh lebih mahal dan lebih boros....
adanya listrik prabayar hanya untuk menghindarkan pln dari tunggakan pembayaran rekening listrik saja...
kecewa.com

Anonymous said...

atas ane bener nich

Angela Jennifer Aroemrasni said...

aduh masih bingung,,,
sewa rumah
kemaren pulsa terakir 220.*** ,kita bayar 150rb (*kata yg punya diskon jd cm bayar 150rb, harusnya kita bayar 200rb) tp cm cukup buat 10 hari,
jd klu 1 bulan kita hitung2 listrik habis 450rb donk :D
memang sih kita gunakan u/ ac, water heater,kulkas,u/ charge laptop, tp apa benar kalu dihitung2 1 bulan dengan penggunaan tersebut nantinya habis 450rb(*diskon) kalu engga berarti 600rb, atau bagaimana ini bang >???? mohon pencerahanya,,,,

Anonymous said...

tambah mahal, biasanya sy rutin perbulan kisaran 550-575 tp stelah ganti pra byr ko tambah bengkak jadi 600 an

nurcahyo said...

@ angela Jennifer Aroemrasni : Menurut standard PLN, harga=nominal dan jumlah kwh pun ada standardnya. Tapi terkadang ada penjual token yg mempermainkan harga, sehingga terasa bahwa pulsa listrik PLN prabayar menjadi lebih mahal dan boros...

Unknown said...

adoooh q mlah bingung ...

Egamans said...

Jadi ragu untuk pindah ke prabayar. Maksudnya biar irit, tapi banyak komentar miring tentang listrik prabayar jadi bikin ragu. Nggak jadi aja deh...

Egamans said...

Jadi ragu untuk pindah ke prabayar. Maksudnya biar irit, tapi banyak komentar miring tentang listrik prabayar jadi bikin ragu. Nggak jadi aja deh...

Egamans said...

Jadi ragu untuk pindah ke prabayar. Maksudnya biar irit, tapi banyak komentar miring tentang listrik prabayar jadi bikin ragu. Nggak jadi aja deh...

dewi w said...

klu dimeteran ada 25.235 kwh itu brarti msh ada brp ya plsa listrikx

Anonymous said...

itu sih cuma merdeka sekitar 5 - 6 hari aja......

walau sudah hemat-hemat

Anonymous said...

kalo lampu nya 22 titik...kulkas,mesin cuci,strika, tv, komputer, laptop,pompa air...butuh brapa perkiraan pulsaanya....daya 2200..by.riff

Anonymous said...

untuk golongan r1/2200

kalau lihat tabel pada customer C baris kedua harga 100000 cuma dapat 117.9 kwh,

listrik bulanan saya yang pascabayar perbulan rata rata menghabiskan 259 dengan total tagihan 214.582 Rupiah (NON SUBSIDI)
kalau saya beralih ke listrik prabayar berarti saya harus menyediakan dana perbulannya berapa nih ?? yang pasti sekali beli harus lebih dari 220000 rupiah perbulan ini mah bukannya kemajuan tapui nyekek pak bukannya irit pengeluaran malah tambah mahal gimana sih pln katanya tarif prabayar lebih irit ternyata malah tambah mahal nih.

emang sih keuntungannya meterannya yang prabayar gak bakalan dicabut cuma kalo pas kwhnya abis dan lagi gak ada duit buat beli token berarti harus rela pasang lilin beberapa hari ni dan nggak bisa nyalain jetpam + internetan di komputer bos, padahal itu kebutuhan rutin dan wajib bagi saya untuk mendapatkan informasi, termasuk bikin argumen ini. memang saya akuin prabayar itu bagus sih tapi nggak ada toleransi jadi kalo kwh nya habis ya habis sudah, setrika baju pun tidak bisa, jadi harus rela pake baju kusut atau pake setrika areng tersayang kalau mau ke kantor tuh, dan harus rela nimba sumur lagi deh. hiks hiks hiks..... bos dikantor mana mau tau urusan kayak gitu, taunga lu orang kerja dan gue orang gaji lu orang, dan jangan makan gaji buta kejamnya dikau PLN mencekik bangsa sendiri, mencekik saudara sendiri, kalau pada akhirnya listrik prabayar diwajibkan dan pascabayar ditiadakan dengan tarif yang tetap sama, gue sumpahin lu PEJABAT PLN perutnya pada gendut gendut. AMIIINNNNN........!!!!

Anonymous said...

@atas : beli yg 1 jt aja bang =))

Anonymous said...

Di Indonesia itu ada istilah "Kalau bisa dijual mahal kenapa harus dimurahin", betulll ???

Anonymous said...

Saya tggal drumah baru, listrik baru menggunakan prabayar. Pake yg 4400, tp blom sebulan sdh 2,5jt beli prabayar. Ac yg dinyalakan cm 1, itu jg dr jam 8 - 04 subuh. Beda ama tetangga sblh sy, ac 3 kamar hampir sharian. Tp cuma 1,5jt sebulan dgn byr listrik bulanan!! Ditambah, alatnya suka rusak..ribet pake pulsa!!!

Anonymous said...

baca comment nya serem-serem... jadi males ganti ke prabayar.. tetangga sebelah rumah juga bilangnya jadi lebih mahal.. apalagi klo tengah malem dah bunyi.. beuh..

caraka said...

Yang jelas kalo untuk penggunaan sedikit, misalnya gudang, rumah yang tidak/belum ditempati, pake prabayar jelas lebih hemat karena tidak ada biaya beban per bulan. Kalo penggunaan harian tinggi maka pra bayar tetap lebih mahal... Pra bayar akan terasa lebih hemat jika penggunaan listrik harian kecil, misalnya rumah tangga kecil yang tidak banyak menggunakan peralatan listrik.

Anonymous said...

gk perlu listrik,we perlu uang

Anonymous said...

Itu karena kebanyakan orang indonesia malas bayar listrik . Kalo pascabayar dibilang lebih murah .. Karena kalo telat yaa cuek2 aja .. Ga ada pemutusan ga ada penegasan lgsg .. Tp kalo prabayar lebih murah . Dan kita bs ngitung n memperkirakan sndiri dan mengatur sndiri . Dan bgtu pulsa abis .. Listrik akan padam . Itu dibilang mahal yaa karena mental orang indo pemalas. Malas bayar listrik.. Itu akan jd program pln secara menyuluruh.. Intinya tarif per kwh pasca atau prabayar sama aja.jd berfikir lah lebih luas bro

fredd tamdjid said...

betulllll... kita yang pake listrik PLN yg di bilang mahal... tergantung pemakaian laaaaah... setujuuuu !!! kita pindah saja ke listrik pra bayar... kayak orang susah aja de ich...

Anonymous said...

Wong Aneh, listrik mati gara gara tidak ada pulsanya kok PLN yg disalahkan. Itu urusan lo. kalau mau menyalahkan cukup salahkan tarif listriknya saja karena kemahalan. kalau punya uang banyak langsung isi 1 juta lebih, kalau ga punya uang berarti lo harus hemat, pinter2 menej keuangan. Jangan besar pasak daripada tiang, jangan buruk rupa cermin di belah.

Sekarang Kepribadian bangsa indonesia adalah suka mencela,negatif thinking,kurang menghargai orang lain. coba lihat komen2 orang indonesia di youtube, blog, atau forum2. {GAK SEMUA} memalukan.

kita sudah jauh tertinggal dari malay, sebentar lagi vietnam.
Kapan majunya bangsa ini.

Kesel gua

Anonymous said...

meter prabayar akan terasa murah hanya untuk daya 450VA...
20 rb daya 450va = 42 kwh
900va = 31 kwh
1300va = 20 kwh
2200va = 20 kwh

daya kecil, logiknya pemakaian juga sedikit,harag per kwh murah , bayar==murah.... daya besar,harga per kwh mahal, pemakainan besar, tentu saja bayarnya bikin pening bin migrain wal mumet.

Anonymous said...

mau post nich, kali aj ada yang bisa jelasin. sy pki listrik pra bayar tp kalau magrib sering mati trs hidup sendiri padahal yang lain hidup. token masih di atas 50.00 Kw

Anonymous said...

q justru nyesel bngt pindah ke pra, krn 2X lipat lbh kenaikannya, dasar pln......

Anonymous said...

Kepada Masyarakat yang belum pakai Pra-bayar, saya informasikan "JANGAN PAKAI KWH MODEL TOKEN ALIAS LISTRIK PRA-BAYAR". Saya baru ganti TOKEN tgl 9 oktober 2012, dari meteran lama 900VA ke TOKEN 1300VA. Sebelumnya rata2 bayar listrik dari Maret 2012-September 2012 antara Rp. 110000 - Rp.165000. Sekarang saya isi pulsa Rp.50000 atau KWH 59.5 habis sekitar 6 atau 7 hari.Artinya kalo 1bulan ada 30hari berarti saya bayar listrik menjadi Rp. 215000-250000. Tidak ada perabotan listrik yang saya tambah, artinya rutinitas kebiutuhan listrik saya dari maret -september 2012 tetap. Jadi KESIMPULAN LISTRIK TOKEN LEBIH MAHAL. WASPADALAHHHHH......
ANALISA saya : kebetulan sy juga orsng listrik dan sy bekerja sebagai electrical engineering di perusahaan PMA Jepang. Alat KWH meter sekarang sudah menggunakan teknologi yg modern. setiap kebocoran arus listrik sampai mikron Ampere pun sudah bisa dideteksi. Rumah-rumah kita kelihatannya listriknya biasa2 saja, padahal mungkin banyak sekali kebocoran2 akibat penyambungan, kualitas material yang rendah sehingga tahanan isolatornya rendah dll semuanya mengakibatkan arus listrik naik. Semua itu dideteksi sama itu TOKEN sehingga berkuranglah PULSA kita. Sedangkan KWH meter yang model lama tidak se SENSITIF token, artinya bocor2 dikit dia ga tau. Jadi kesimpulannya dg adanya TOKEN enak di PLN ga enak di kita.

Anonymous said...

Pantes banyak yang bilang mahal... begini toh.. ckckkkckck

Anonymous said...

saya melalukan token sebesar 500rb dengan nilai khw 436.50 tidak ada 4 hari sudah habis ..
perlu. pengisian 1jt = 877.80 kwh dihari ke 3 sisa kwh 113.50 ...blm 2 mgg pengisian sudah 2.5jt ..
perlu diketahui daya yg digunakan sebesar 23.000 watt
mohon penjelasan ..

Agung Anugrahito said...

repot saya ini yang anak kos tp yg punya masangnya pake TOKEN. Tekor....!!!!!!

Tahun depan wajib pindah kos.

www.curhat-bodoh.blogspot.com

Anonymous said...

GOBLOK ga kira2 pake ngaku orang listrik kerja di PMA Jepang, biaya perKWH dari listrik lama anda yg cuman 900 VA sama 1300 VA jelas beda, dungu bin tolol..!!

ALHIKMAH PULSA said...

betul sekali,,tolol banget tu orang

londo garing said...

yang marah sama koment miring kayaknya orang PLN nih. kalau pelanggan sih aku pikir g segitunya sampe bilang dungu...tolol.
saya pengguna listrik token. beli listrik sih biasa aja soalnya pas pasang baru pln cm nyediain yg prabayar. dari pada rumah gelap gulita?
kalau kebocoran arus bagusnya diperbaiki baik instalasinya ataupun materialnya. lha kalau se indonesia kebocoran arus tidak terdeteksi aku pikir wajar kalau pln merugi.

Anonymous said...

nyahahahaha aduh ga brenti ketawa, dari tdl nya aja uda beda massss mas... daya nya lebih kok maunya harga sama. jreng bgt deh situ
gw gak ada masalah tu sama listrik prabayar, rumah kost ac nya 7, water heater, pompa, rice cooker 5, kulkas, tv 7, dan seringan anak2 kadang kluar rumah ac ga dimatiin *cape d*, pake 4400 VA sebulan 600-700rb, lebih murah (dikit) dari waktu pasca bayar, yah anggep lah sama...
kalo ga mau repot mati tiba2, bisa beli pake internet banking mandiri, ga susah lah

Anonymous said...

........
buat seekor illustrator kayak saya...saya biasa pakai komputer 18- 20 jam non stop per hari (tidur hanya 3-5 jam per hari)...
pemilik kontrakan mau mengganti dengan token model...
kontrakan saya pakai daya 1300...tiap bulan paling cuma kena 150-200 ribu dengan rutinitas kayak gitu...

komputer saya memakan daya 600V.
belum termasuk periperal (printer dll bisa di non aktifkan jika tidak perlu)
kecuali 3 buah external hdd yang harus tetap terpasang (masing masing makan 20-25 V)

kalo ganti token...
dengan rutinitas kayak gitu..apakah saya akan tetap bisa membayar tagihan listrik dengan kisaran seperti di atas (150-200 rb)?

selama pasca byar/prabayar sama...itu bukan masalah..mungkin ada yang bisa bantu..soalnya lebih banyak yang komentar jelek daripada bagusnya...

mungkin ada yang bisa bantu..mohon bantuannya.
saya orang awam dalam istilah listrik, mohon di betulkan kalo ada kesalahan istilah.

terima kasih
m(_ _)m

Anonymous said...

yang pasti harga TDL nya kan sudah di informasikan oleh PLN, jadi murah atau mahalnya ya tergantun pemakaian daya kita sendiri, jadi ndak mungkin lebih mahal atau lebih murah, harusnya sama, kalau terkait dengan pemakaian listrik sesuai dengan TDL-nya PLN,

Anonymous said...

Yg jelas pemasangan baru sekarang udah ga ada lagi yg pascabayar. Yg mau naikkan daya juga otomatis berubah menjadi prabayar. Jadi mau ga mau, suka ga suka semua akan beralih ke prabayar. Yang arusnya banyak bocor ya.. segeralah perbaiki instalasinya, dan yang jelas sekarang jamannya ada uang ada barang, ada uang ya.. ada listrik...jrenngg...byar.. peeet... wah mati nih lampunya.. awet deh token gw..

Anonymous said...

Kenapa tidak ada pemakaian (off mcb) tapi tetap berkurang angka kwhnya?

Den Kinta said...

membingungkan

rully said...

saya baru sebulan pakai listrik prabayar dengan daya 2200, hasilnya hemat sekitar 150ribu perbulan. dari tagihan sekitar 560rb, sekarang beli pulsa sekitar 400rb udah cukup buat sebulan. pemakaian dirumah jg normal2 aja. intinya saya gak merasa dirugikan dengan listrik pra bayar.
justru yg aneh rumah saya yg diluar kota, dalam kondisi kosong tagihan listrik pasca bayar (daya 1300) sekitar 120ribu. udh cek ke pln123, menurut mereka ada tarif minimal kalo rumah kosong, tapi kok besar sekali? dulu waktu ditempati perbulan gak sampe 120rb malah bayarnya. lg rencana mau ganti listik prabayar juga jadinya..

Anonymous said...

Beda orang beda juga pemikirannya
beda pemakaian beda juga bayarnya

blott tu tu tut said...

kalia semua harus ati2 dl rmh sy mgnkan pasca byr 6 amper ternyata dipsng 20 amper tiba2 jelang beberapa thn kemudian listrik diputus dan pln ngasih denda untung msh kenal dan ingat orng yg instal, akhirnya sy bls tuntut e ngku juga tu pln klw dia yg slh,dia yg ceroboh kita pula dtuduh maling ujung2 mereka menyarankan pkai prabyr e tak taunya lbh mahal, sumpah sy tk iklas dari pada buat pln sy lbh iklas 200 rb lbh mhl diberikan untuk orng miskin

Anonymous said...

beberapa waktu lalu saya pasang listrik prabayar / token. masalahnya angka pulsa yang tampil dilayar meteran tidak berkurang.alias pakai gratis . nah bagaimana masalah ini harus dibenarkan apakah ada kesalahan pada mesin token. mohon berikan jalan keluar.thanks

Mobiandroid said...

gan gimana cara mengatasi listrik pulsa yang tiba2 mati, sedangkan pulsanya masi ada, ???? mohon sharingannya gan

Token PLN Online said...

jika bermasalah dengan listrik, telp saja PLN di nomor 123

Anonymous said...

Saya sarankan buat anda yang MERASA BOROS PAKAI KWH PULSA silahkan mengecek atau merenovasi ulang instalasi rumah anda sebab jika terjadi kebocoran instalasi KWh meter prabayar tipe yang lama mungkin akan kebablasan, kalau anda memakai KWh meter prabayar yang baru akan mendeteksi kebocoran dan mengunci.

Saran saya bagi yang merasa boros segera hubungi kantor PLN terdekat untuk minta bantuan di cek apakah ada kesalahan atau kelainan. Ga usah mikir "saya gak mau pakai KWh meter pulsa" sebab lama-lama nanti semua akan di listrik prabayarkan kecuali pelanggan 3 phase

Anonymous said...

pln emng nda jls... msa smua pd complain gra kmhalan.. kn duit ny bwt bgi2 mrka tu.. nda ikhlas bgus ksi org miskin..

Anonymous said...

pln korup...

dadan yusuf said...

ngikut nimbrung nie,saya pake listrik token 900va trus dinaikkan ke 1300va apa si bedanya kok lebih mahakan yang 1300 ya dibandingkan yang 900 padahal elektronik dirumah berkurang kaya tv dan kulkas.apa harus diturunkan lagi ya ke 900va yang lebih irit dibandingkan 1300va mohon pencerahannya.

Anonymous said...

Kalau 127 kwh brtahan brp lama ya mohon bantuannya sekali

Anonymous said...

mudah2an gol, nih...Bedini project...alternatif pengganti atau paling ga bisa kurangin pemakaian listrik

Yakub Abidin said...

nikmatiin aja....
Indonesia pejabatny licik semua jd ya..
pasca ma pra sama aja...
ada kecurangan......
rakyat yg dirugikan...
sosialisasi PLN gak pernah ad..
Yg ada tagihan ama mutus jaringan listrik,,,
Setuju??

Anonymous said...

ada yg tau mgak kira2 penempatan kabel biru merah dan kuning yg benar di posisi mana pd meteran prabayar ?? PLN itu pencuri uang rakyat berkedok perusahaan negara
buat pemakai listrik prabayar coba di cek, matikan sakral dr meteran kira2 1jam dan perhatikan apakah pulsa anda berkurang ?
ngak ada beban listrik kenapa pulsa terus berkurang ???

Anonymous said...

mending yang pascabayar aja.

mjumani said...

owh segitu, jadi tergantung daya juga berarti yah?

Anonymous said...

Saya pindah ke pra bayar krn iming2 dr PLN yg ktanya lbh irit,praktis dan lain2.Pd wkt pakai pasca bayar (R1/220) setiap bulan saya rata2 bayar 350 rb,tp setelah gnti ke pra bayar setiap 10 hr saya hrs isi pulsa token 200 rb (akumulasi setiap bulan saya harus beli pulsa 600 rb).Saya benar2 sudah "tertipu" oleh PLN.Dan bagi sdr2 yg msh pkai pasca bayar,jgn sekali kali pindah ke pra bayar, krn sdh tdk bsa pndah lagi ke pasca bayar.Saya benar2 tertipu oleh PLN,mungkin uang saya termasuk yg di pakai utk menutupi minus PLN krn di korup oleh para pejabatnya.Admin,saya mau tanya,apakh ini termasuk penipuan yg dilakukan oleh PLN,pemerintah umumnya?(Aku tertipu,aku terjebak,aku terperangkapMUSLIHATMU!!!)

Dely Brekele said...

klo kata saya peribadi untung" rugi
2 warnet di saya semenjak pake token setandar g mahal tapi yang 1 kwh dengan 3pas pembayaran jadi 2x lipat dari sebelumnya

Anonymous said...

kalo menurut ku, kembali kepada kita nya dlm hal pemakaian listrik (matikan aliran listrik yg g berguna). msl kan ada kesalahan/kebocorean arus listrik, di meteran pst lampu warna merah akan menyala (bertulis TEMPER).
intinya program PLN tu melatih org indonesia dlm DISIPLIN (disiplin dlm pemakaian listrik dan disiplin dlm pembayaran). klo kita g disiplin dlm pemakaian listrik artinya listrik kita akan boros/bengkak. klo kita g disiplin dlm membayar artinya kita harus trima dlm kegelapan.

makanya berhemat lah dlm pemakaian listrik,biar g merasa mahal pebayaran nya.

Anonymous said...

Per kwh nya di hitung sesuai daya listrik rumah anda .Perhitungannya sama 1kwh berapa rupiah ? misalnya 1 kwh yg 2200= 850 rupiah. Bearti anda pakai sebulan misalnya 400 kwh kalikan 850= 340.000. Tanpa biaya beban.

Anonymous said...

pakai gk pakai tetap aja pulsa listriknya berkurang... jd bingung deh sm listrik pintar... terlalu pintar kali ya...

Anonymous said...

[Part #1 of 3]
-----
Just mo share aja pake listrik PraBayar.
Sejak pake Listrik 'Pintar' ini, benar2 nyaman buat saya.
Dulu waktu masih pake PaskaBayar, ribet banget urusannya, mulai dari oknum PLN yg iseng nyari 'recehan' dgn menuduh (tidak langsung) kita mencuri listrik waktu kena periksa P2TL (oh ternyata dah biasa ya kerjaan oknum PLN ini sejak dulu, dari komen2 diatas) shg kena denda nyaris 9 juta, padahal itu kesalahan PLN sendiri yg gak pernah ganti meteran sejak jaman bahuela (meterannya jadul abis, merek aja masih German abis, kayaknya produk bikinan tahun 1970-an deh), ya jelas aja kalo ada masalah baut meteran copot, penyok sanasini kena renov rumah berkali2, padahal udah minta ganti meteran krn saya kira sudah saatnya ganti yg baru sama spt tetangga2 kita dan menghilangkan kecurigaan meteran kita dah gak pas lagi setelannya/ukurannya stlh terlalu lama gak diganti yg baru atau tera ulang. Eh, malah preman PLN yg dateng, nuduh kita curi listrik lah, ya jelas kita malah balik sewot, tapi apa daya PLN kan cuma satu2nya penyedia listrik di Indonesia ini, kalo diputus sepihak oleh PLN apa kita mo pake lilin lagi? Ya terpaksa kita 'mengaku salah' meski sebaliknya yg terjadi, dan membayar denda yg ditagih oleh oknum PLN tsb.
Saya bersumpah setelah ini saya mau dan harus ganti ke PraBayar, spuaya ga kena periksa2 lagi ,krn katanya kan meterannya dah pintar, bisa lock sendiri kalo ada tampering/penyimpangan, jadi P2TL gak perlu lagi terlalu rajin periksa2 ke rumah2 PraBayar ini atau malah gak perlu sama sekali.
Belum lagi PLN menerapkan aturan biaya pakai minimum utk PaksaBayar (plesatan brow! kan dipaksa putus kabelnya kalo gak bayar tagihan), jadi simplenya, misal per bulannya pake kurang dari 70 KWh, maka akan tetap kena tarif utk pemakaian 70 KWh juga meski kita cuma pakai 40 KWh saja - ini saya alami sendiri sampe 3 kali! Gara2 petugas catat meternya asal nebak aja KWh tiap bulan kalo saya gak ada di rumah, jadi saat ada saya dirumah, pas diperiksa, selisih meterannya jadi cuma 20-40 KWh saja, gara2 bulan lalu dia naikkin tebakkannya, jadi bulan ini terlihat kecil KWhnya, padahal pemakaian tetap tiap bulannya utk dua bulan itu - mungkin dia kira saya cukup boros pake listriknya kali ya? jadi naek tebakkannya.
Mana mo tau PLN kalo petugas meterannya cuma asal nebak aja, padahal prakteknya selalu begitu kalo gak ada data konkrit di pelanggan (liat langsung meteran ato liat papan KWh depan rumah) - tagihannya tertera 70 KWh, ya bayar 70 KWh, meski aslinya cuma 40 KWh saja utk bulan itu, krn ada aturan minimal pakai itu utk PaskaBayar.

Anonymous said...

[Part #2 of 3]
-----
Kesimpulannya: Pake PaskaBayar malah lebih boros kalo anda sehemat saya pemakaian listriknya, rajin tiap bulan nyatet KWh sbg perbandingan dan analisa pemakaian bulanan, dan jarang dirumah, tinggal sendirian lagi (shg tebakan KWh meteran yg bermain), males nulis di papan KWh utk petugas (wah jadi tau satu kampung dong kita 'kaya' ato gak bulan ini? :D) ato privacy is #1 for us, maka PLN PraBayar jauh lebih cocok utk kita/anda.
Apalagi kalo anda cukup nerd/geek, mau tau aja berapa pemakaian Watt di rumah anda, atao alat listrik tertentu, cukup tekan angka 47 utk lihat Wattage saat ini, dari selisih Watt antara alat ON dan OFF (dgn asumsi alat2 listrik lainnya tetap pake Wattnya tidak naik-turun tajam) kita bisa tahu alat tsb berapa pake Watt sebenarnya (iklan bisa boong bos! dan terbukti!tertulis/ bilangnya cuma 125 Watt, tapi nyatanya malah makan 350 Watt lebih! ini sampe saya cek 3x agar yakin bacaaan Wattnya akurat).
Ini mungkin salah satu alasan/sebabnya disebut Listrik Pintar (nama alias PLN utk Listrik PraBayar) oleh PLN. Anda sbg pelanggan skrng bisa cek sendiri pemakaian Watt anda dirumah, kalo pake meteran PaskaBayar kan gak mungkin bisa bos! jadi boros ato gak you pake Watt dirumah, mana bisa tau ente, ya gak?! Palingan ngandelin data boongan aja, merasa hemat padahal boros jadinya = dobel apes! 1. diboongin penjual alat listrik, 2. bayar listrik tekor gara2 gak tau pake wattnya berapa benernya.
Bukan cuma itu aja bos kebisaan meteran 'Pintar' ini. Banyak kode2 angka lainnya bisa utk lihat info Voltase saat ini dgn kode 41 (yg merasa sering naik turun Voltnya skrng bisa liat konkritnya berapa benernya, jadi tau kenapa alatnya ogah nyala saat2 tertentu), bisa tau berapa kali PLN matiin listriknya utk alasan tertentu, termasuk utk test relay dan display meteran yg bisa bikin listrik rumah semaput sementara (ga bisa tulis disini kodenya takut disalahguna buat maenan), dsb.
Kalo yg tertarik akunting, bisa juga utk cek KWh dan kode token terakhir yg dimasukkan berapa dan apa.
Wah pokoke banyak sekali kode2 meteran yg masih bisa diexplore dari meteran Pintar PraBayar ini bro!

Anonymous said...

[Part #3 of 3]
-----
Kalo masalah bayar lebih mahal, itu relatif bro!
Meski di TDL terungkap tarifnya sama saja, tapi yg ngefans PaksaBayar akan tetep ngekeh "PaksaBayar is the best!" Toh lebih seneng ditagih (termasuk harus bayar lebih meski dah hemat pakenya kurang dari 70 KWh - gak ada model tarif minimum kayak gini di Prabayar bro!), disambangi rumahnya, dan diancam diputus kalo telat bayar 'kan listriknya?
Buat saya yg hemat, analitis, tekno-geek/nerdy, ogah dikibulin siapapun, tinggal sendirian dan ogah diganggu, Listrik PraBayar udah paling pas dan perfect!
Setidaknya kali ini doa dan usulan saya ke Dahlan Iskan terjawab lewat fisik meteran PraBayar ini...
Saya tak tahu ada juga orang pemerintah (yg unik nyeleneh pastinya) yg mau dengerin saran dan usulan orang2 terasing (dari kultur sosial 'perut ndewek is #1, sebodo teing yg laen!' [= selfish] pada umumnya) spt saya ini. Diantara orang2 tolol tanpa malu yg doyan korupsi apa aja termasuk sapi dan kitab suci ternyata ada juga satu-dua orang beneran pintar dan mau mendengar saran/usulan (teknis) spt Dahlan Iskan ini.
Bravo pak Dahlan! 1 permanent vote 4 U!

Anonymous said...

[Part #1 of 1]
-----
Oh ya, buat yg merasa pake gak pake pulsa prabayarnya terus berkurang, alias (merasa) gak pake tapi pulsa tetep turun, dan yg mirip2 urusannya spt ini.

Coba matikan saklar utama di meteran anda, ya yg disebut MCB meteran itu (ya yg pas nancep persis di kotak meterannya donk! masa yg nancep di luar kotak meteran, apalagi yg di rumah tetangga ente), yg kalo dimatiin, semua aliran listrik dijamin wajib/pasti mati di sekujur rumah anda, dan bukan di rumah tetangga anda (Kalo masih ada yg nyala, artinya ente salah matiin saklar bro! ato ngaco wiringsnya).

Nah sekarang cek lagi meteran prabayar anda pake kode 44 utk cek pemakaian Ampere (atau kode 47 utk cek pemakaian Watt/daya, tapi agak kurang presisi) dirumah anda. Jika angka yg tertera lebih dari "0.00" (NOL pemakaian), maka ada yg tak beres dgn meteran PraBayar anda, alias sptnya masih ada yg nyedot daya di kabel aliran listrik rumah anda (cek jalur kabel dari meteran ke interior rumah anda utk 'pencurian daya internal', bukan jalur kabel dari PLN ke meteran, itu pencurian daya eksternal yg sering terjadi = urusan PLN dgn si maling, bukan urusan anda, kecuali malingnya anda sendiri :)), ato meterannya/wiringsnya error.

Segera hubungi PLN utk beresin masalah ini dan utk urusan apapun yg menurut anda cukup aneh.

Anonymous said...

bayar listrik yang jelas-jelas kebutuhan utama aja pada cerewet, tapi buat beli pulsa hp,rokok dll yang notabene kebutuhan sekunder pada biasa aja....
mikir dong ah

Anonymous said...

asik...asikk..josss...
merdekaaa !!! :D

Hertop said...

Yg ribut kok rata2 menggunakan daya 900 up yahh.......artinya org2 yg tergolong mampu lah...masa sih bayar 200rb s.d 2jt masih perhitungan.... yahhh kalau aq sih mikirnya anggap aja itu amal buat bangsa ini. Jangan terlalu reaktif dg apa yg sudah terjadi.... sekarang yg terlebih penting bagai mana bisa mengoptimalkan daya yg sdh ada....... yg pasti tuntutan hidup tinggi, gaya hidup kita yg harus di optimalkan..... terutama penyesuaian dg penghasilan.......sepertinya lebih mudah drpd mencibir PLN atau yg bersangkutan...heee..hee

Hertop said...

Yg ribut kok rata2 menggunakan daya 900 up yahh.......artinya org2 yg tergolong mampu lah...masa sih bayar 200rb s.d 2jt masih perhitungan.... yahhh kalau aq sih mikirnya anggap aja itu amal buat bangsa ini. Jangan terlalu reaktif dg apa yg sudah terjadi.... sekarang yg terlebih penting bagai mana bisa mengoptimalkan daya yg sdh ada....... yg pasti tuntutan hidup tinggi, gaya hidup kita yg harus di optimalkan..... terutama penyesuaian dg penghasilan.......sepertinya lebih mudah drpd mencibir PLN atau yg bersangkutan...heee..hee

Anonymous said...

semahal mahalnya listrik di indonesia, semua masih dibantu subsidi pemerintah, sehingga harganya murah.

kalo ada yang bilang listrik indonesia mahal, apalagi setelah meteran diganti prabayar dan merasa lebih mahal, apakah anda mau ditantang untuk fair, yg artinya, PLN akan menjual produknya (listrik)sesuai neraca pemasukan dan pengeluarannya (tanpa subsidi)? saya yakin harga listriknya bakal lebih gila lagi.

masih berfikir mahal? maka anda orang yang egois, asal kepentingan individual anda terpenuhi, baru anda akan bilang puas, dan anda tidak pernah memikirkan kelangsungan bangsa ini.

sadari lah kawan, jika PLN sudah berusaha membangun negara dengan memberikan listrik murah kepada rakyat Indonesia seperti anda, lalu apa yang sudah anda berikan kepada negara?

mungkin PLN juga harus lebih efektif dan efisien dalam sistim kerja dan organisasinya, sehingga lebih menghemat pengeluaran, namun kita sebagai rakyat Indonesia dan sebagai customer listrik juga harus berperan serta.

terlalu muluk2 bukan?
karna hal kecil yang muluk2 inilah yang jika bisa direalisasikan, akan membuat negara ini menjadi maju.

Anonymous said...

wah.. wah.. sing nyrocos mbelo PLN iki pasti wong PLN, coba wong PLN ono ning posisine rakyat pasti podo.. wis ojo podo muna wong menuso iku podo wae ora bedo piro..

Anonymous said...

wow, diskusinya seru banget!
Ikutan share ya..

dari info yang saya dapat, pemakaian listrik PRABAYAR itu memang seharusnya lebih IRIT dari yang PASCABAYAR. Tapi kebanyakan malah SEBALIKNYA! itu dikarenakan cara PEMASANGANnya yang SALAH. Nah, supaya hemat ya..dibetulkan pemasangannya, tentunya dengan biaya tambahan lagi.

Proyek kali ya.. :D

Rhizal Portnoy said...

gile benerrrrrrrrr masa isi 50 rb, cuma bertahan 4 hari, ane dah hemat hemat bgt padahal, ac nyala kl malam duank, dan itu pun kl jam 4 subuh dah mati, nyuci pake mesin cuci memang, tapi semua lampu dah ane matiin, inti nya dah bener2 dihemat, tapi hasil nya cuma bertahan 4 hari duang pulsa 50 rb itu, ane pake 1300 watt, tau gini mending balik ke 900 watt aja, biarpun sering ngejepret tapi pulsa nya awet gak cepet habis # tepokjidat.com #

Anonymous said...

enak pakek dulu, baru bayaaaaarrrr...Jamannya org bikin utang bro...yg penting make dulu..

Anonymous said...

Klo kebetulan di rumah terpasang listrik paskabayar dengan daya 900 VA dan pemakaian di atas 200 Kwh per bulan, saran gw : JANGAN PERNAH MAU PINDAH DAYA LISTRIK DARI 900 VA KE 1300 VA / LEBIH MESKIPUN GRATIS...!!! Kecuali klo emang daya listrik di rumah udah g mampu lagi.

Ilustrasi tagihan listrik dg pemakaian 200 Kwh/bln (blm trmsk adm, pjk dll) :
Pasca 900 VA = biaya beban + pemakaian = 20000 + (200*495) = 119.000
Pra 900 VA = 200*605 = 121.000
Pra/Pasca 1300 VA = 200*979 = 195.800

Kesimpulannya klo masih sama2 900 VA baik pasca/prabayar tarifnya relatif sama. Tapi klo dayanya udh naik jd 1300 VA, tagihan listrik jd membengkak. Contoh di atas baru pemakaian 200 kwh/bln, gmn klo pemakaiannya smp 300 kwh/bln...?

Pasca 900 VA = biaya beban + pemakaian = 20000 + (300*495) = 168.500
Pra 900 VA = 300*605 = 181.500
Pra/Pasca 1300 VA = 300*979 = 293.700

NAH SEKARANG TAU KAN KENAPA KEMAREN2 ADA PROGRAM TAMBAH DAYA GRATIS DARI 450/900 VA KE 1300 VA...?????

UNTUNG GW NGGAK KEMAKAN TIPUAN MUSLIHAT DARI PLN BUAT NAEKIN DAYA LISTRIK DI RUMAH...WKWKWKWKWK....

Buat yg daya listriknya cuman 450 VA emang lbh murahan prabayar daripada pascabayar. Contoh tagihan dg pemakaian 100 Kwh/bln

Pasca 450 VA = biaya beban + pemakaian = 11000 + (100*495) = 60.500
Pra 450 VA = 100*415 =41.500

bali property investama said...

YANG LEBIH MENGHERANKAN PRABAYAR INI ADALAH KATANYA PULSA TIDAK HANGUS BIARPUN SETAHUN KEMUDIAN KITA HIDUPKAN DAN TIDAK ADA PENGURANGAN NYATANYA SAYA PUNYA RUMAH PAKE PRABAYAR MASIH TERISI PULSA TERAKHIR 26 RIBU SAYA MATIKAN METERANNYA DAN 2 BULAN KEDEPAN SAYA HIDUPKAN KARENA RUMAH DITINGGAL KELUAR KOTA NAMUN APA YANG TERJADI INDIKATOR BERKEDIP MERAH KETIKA DI ON KAN /HIDUPKAN ERROR PADAHAL PULSANYA M,ASIH ADA 20 RIBU ITU ANEHNYA SESEKALI METERAN MENIMBULKAN BUNYI APA ADA YG BISA NGEJELASIN GAK APA MASALAHNYA LISTRIK GA NYALA DAN METERAN ERROR PULSANYA MASIH ....KECEWA ....
KEDUA SAYA SETUJU BAHWA PULSA PRABAYAR INI JADIKAN LISTRIK LEBIH BOROS TERBUKTI

Anonymous said...

Sip sip sip... Yg penting utang dulu... Bayarnya klo udah di tagih 2 kali...

Irwan chaidir said...

garelo kabeh...

Anonymous said...

yang bikin mahal atau murah listrik paska bayar itu adalah kemalasan nya si chatter yg gemar nembak angka meteran dari warung kopi sampil ngobrol,ngudud, ngopi dan makan gorengan.
Rumah saya kosong 3 bulan, terpasang meteran paska bayar.
bulan pertama tagihan listrik 70rb padahal hanya pake 2 lampu penerangan 20 watt.
Bulan berikut nya bayar 120rb padahal pemakaian masih tetep 2 lampu 20 watt..
Saya heran, lalu saya cek angka meteran saya tertera 6160 kwh.
Lalu saya cek struk pembayaran bulan lalu (yg 70rb) d situ tertera "pembayaran listrik stand meter 6098 - 6214 kwh.
Padahal angka meteran saat ini yg sy lihat hanya 6160 kwh..
Jd yg saya byr 70rb itu kwh nya udah banyak lebih nya.
Terus, bln brkt nya sy harus byr 120rb lg? Apa yg harus sy bayar? Penunjuk meteran nya aja sampai detik ini blm nyampe ke angka pembayaran bulan lalu (70rb)
sy ngadu k PLN malah tetep d suruh bayar..
Sungguh aneh, kata beliau "bayar dulu aja pak, nanti k dpn nya uang lebih bapak d potongkan 30rb per bulantnya ( untuk pembayaran minimal tagihan listrik). Padahal dgn pemakaian dua lampu 2
watt, rasanya untuk mengejai angka meteran td, setahun aja ga bakal terkejar.
Rugi bgt, listrik ga d pake harus tetep bayar 30rb/bulan
Jd siapa yg salah ?
Yg salah adalah TUKANG CATET METERAN yg hobi nembak angka.
Ahirnya sy pindah pake prabayar. Dgn pulsa 25rb, cukup menerangi rumah kosong selama 6 bulan.
Ini ceritaku, mana ceritamu

Anonymous said...

misalkan kwhx 1300..
kira2 sebulan qt hrz byar brp?????

raden masandy said...

sya mw jual token ditempat saya tapi bagaimana caranya apa kita pke sofwer husus ya....

Token PLN Online said...

Pakai sms dr hp aja bisa kok ..., kalau ada komputer, tinggal masuk web report aja. Ga ada software khusus

diastuti chasanah said...

punyaku 50000 kok cuma dapet 45 KWh aja ya ?

Arnoldy Bungaran Riahta Saragih said...

dirumah saya daya 2200, saya beli token 50000 tetapi setelah saya indup kwhnya hanya bertambah 44000 ini kenapa ya?

Anonymous said...

katanya / 1 mei 2014 tdl naik lagi ya ??? untk R1 900 brapa / kwh ???

Anonymous said...

Irit???? BENAR. Asal jaringan listrik didalam rumah semua baru N standart PLN.
Boros??? BETUL. Krn jaringannya msh pakek yg lama yg masa pakekx separo usia kita. Ingin penjelasan detilnya klik www.cekikikan.com xixixixixi

Mira said...

Saya MENYESAL menggunakan listrik PLN pra bayar. Listrik prabayar jauh lebih mahal dari pasca bayar. Sy pengguna Rumah Tangga (R1) di Kota Malang dgn daya 1300 VA. Awal tahun 2014 untuk token Rp.50.000 masih dapat sekitar 51 KWH, bulan Juni 2014 hanya 48 KWH, Agustus hanya dapat 41, 2 KWH, bulan September merosot lg jd 37,2 KWH. Berdasarkan info PLN 123, tgl 1 November 2014 akan ada "penyesuaian" lg, dari Rp.1.214/KWH menjadi Rp.1.350/KWH, kira2 hanya tinggal 33, 01 KWH. kalau cuma segini dapatnya, 5 hari juga habis. Tahun 2013 pengeluaran listrik per bulan maksimal Rp.120.000, sekarang paling sedikit Rp. 275.000/bulan dengan volume penggunaan yang sama. Padahal langkah2 penghematan makin ketat saya lakukan, tapi kenaikan tarif yg terus menerus membuat kami sangat kesulitan. Hampir 2 bulan sekali tarifnya naik dan makin mencekik!!!

angku gata said...

kenapa tiap saya beli pulsa token 50 ribu ,, yg tertera cuma 37 di metran nya,, tolong kasih tau dunk

Chat, SMS & Call Center

Axis - 08383-148-7989
BB - 28361e57
YM : nurcahyono78

Biasanya Anda membeli Token PLN di

Daftar Reseller Token PLN

Reseller Token PLN